cover
Contact Name
Kamil Erwansyah
Contact Email
erwansyah.kamil@gmail.com
Phone
+62811656784
Journal Mail Official
prpmtgd@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor Sumatera Utara - Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer)
Published by STMIK Triguna Dharma
ISSN : 19786603     EISSN : 26153475     DOI : https://doi.org/10.53513/jis.v19i2.2329
Core Subject : Science,
Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Network Embedded System Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and Knowledge level Modeling, Information Management (DB) practices, Knowledge Based Management System, Knowledge Discovery in Data) Computer Security IT Governance Robotic Instrumentation Mobile Processing Artificial intelligence & soft computing and their applications Neural Networks Machine Learning Reasoning and Evolution Intelligence Applications Computer Vision and Speech Understanding Multimedia and Cognitive Informatics Data Mining and Machine Learning Tools, Heuristic and AI Planning Strategies and Tools, Computational Theories of Learning
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2016): Januari 2016" : 1 Documents clear
Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Dipadukan Dengan Model Fuzzy Recency Frequency Monetary (RFM) Untuk Customer Relationship Management (CRM) (Studi Kasus Di TokoSweet Amirah Medan) Yohanni Syahra; Yusnidah Y; Beni Andika
Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer) Vol 15, No 1 (2016): Januari 2016
Publisher : PRPM STMIK TRIGUNA DHARMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53513/jis.v15i1.112

Abstract

Konsumen merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan retail.Hal ini adalah alasan mengapa perusahaan retail harus merencanakan dan menggunakan strategi yang cukup jelas dalam memperlakukan konsumen.Dengan banyaknya jumlah konsumen yang dimiliki oleh suatu perusahaan retail, maka masalah yang dihadapi adalah bagaimana menentukan konsumen potensial.Dengan menerapkan konsep CRM (Customer Relationship Management), perusahaan dapat melakukan identifikasi konsumen potensial dengan melakukan segmentasi konsumen. Tujuan dari proses segmentasi konsumen adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga mendatangkan keuntungan bagi pihak perusahaan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses data mining dari data konsumen di Toko Sweet Amirah, yaitu perusahaan retail yang khusus menjual perlengkapan dan peralatan bayi serta underwear pria dan wanita dewasa dan anak-anak dan berlokasi di Jalan Gedung Arca No. 29 B-C, Medan.ProsesData Miningini menggunakan data yang berasal dari data penjualan pada Toko Sweet Amirah dan bertujuan untuk mencari konsumen potensial.Model RFM merupakan model segmentasi yang umum digunakan pada perusahaan retail. Selanjutnya melakukan proses clustering menggunakan algoritma Fuzzy C-Means (FCM). Pada FCM jumlah cluster ditentukan. Hasil clustering dari algoritma tersebut digunakan untuk Aplikasidata miningmenggunakan MATLAB versi 7.10.0 dan memanfaatkan beberapatoolboxyaituFuzzy Logic ToolboxdanDatabase Toolbox

Page 1 of 1 | Total Record : 1